May 01, 2013

Sweet & Bitter on Roleplay

Roleplay. Apasih itu? Hm, bagi yang belum tau, roleplay itu semacam permainan dimana kita bisa menjadi orang lain, dengan bertindak atau berbicara seperti tokoh yang kita mainkan. Kebanyakan orang akan me roleplay kan artis-artis atau tokoh terkenal. Sekarang yang saya tau, roleplayer untuk artis korea sangat membludak. Selain artis korea, orang juga suka menjadi artis Jepang, artis Hollywood, dan tokoh anime.

Saya dulu juga pernah mencoba permainan ini lewat twitter. Saya adalah tipe yang suka penasaran, dan pada saat itu saya penasaran dengan roleplay itu sendiri.

 Saya akhirnya membuat akun roleplay di sebuah perkumpulan roleplayer (disebut agensi) dengan menjadi seorang idola korea yang notabene nya idola saya, yaitu Song Jieun.
Saya ingat dulu, setahun yang lalu, dunia roleplaying masih disibukkan dengan couple-couple (pasangan sesama roleplayer). Jadi, saya ikutan kebawa arus. Di akun rp saya itu, saya dan rp lainnya sibuk meng'galau'i tentang 'kok kita belum punya couple juga'. lol. Lucu juga sih kalo dipikir-pikir.
Oh ya, saya ingat tentang sebuah pesan.
Jangan pernah menganggap roleplay ini sebagai kehidupan nyata. Ingat, kalian hanya bermain. Jangan membawa perasaan apapun ke dunia real

Pertama kali dikasih pesan itu, saya pikir 'yah, nggak mungkin lah. Saya nggak mungkin bawa-bawa ke dunia nyata'. Tapi nyatanya, 2 bulan saya main rp, saya mulai ngerasain kalo emosi saya di rp terbawa sampe ke real!
Kalo di timeline akun rp saya ada yang nyebelin, saya ikutan sebel. Kalo ada yang buat saya seneng, saya ikutan seneng. Dan parahnya, ketika ada rp laki-laki yang deket dengan saya, saya malah jadi suka! Hmm... Gawat ini, pikir saya.

Saya langsung berusaha menghilangkan perasaan-perasaan semacam itu. Nggak lucu kan kalo saya suka dengan orang yang wajahnya pun saya nggak tau. Saya akhirnya mulai mengurangi jam bermain rp saya.

Nah, setelah itu karena ada beberapa kejadian, terpaksa akun rp pertama saya, saya tutup. Kemudian, saya masih nggak kapok. Saya buat lagi akun rp di sebuah agensi internasional. Jadi, disana saya harus berbicara dengan bahasa inggris.
Di agensi itu, saya ngerasa asyik. Saya punya banyak teman sesama roleplayer yang ramah dan gokil. Haha. Plus, dengan ngobrol pake bahasa inggris terus, kosakata bahasa inggris saya meningkat :D
Tapi, ada satu masalah!

Karena terlalu asik, saya jadi lupa waktu. Saya lupa untuk belajar, dan alhasil nilai saya menurun. Saya kecewa.
Bukan kecewa pada roleplaying tapi lebih kecewa pada diri saya sendiri. Masa gini aja nggak bisa ngatur waktu sendiri. Akhirnya saya putuskan untuk mencoba mengurangi 'kecanduan' saya terhadap roleplaying.
Saya berhasil mengurangi jam main saya demi nilai saya. Dan sepertinya saya berhasil, di akhir semester 1, saya bisa masuk ke peringkat 10 besar. :) Dari situ saya tau, saya memang belum bisa ngatur waktu, saya nggak seharusnya kecanduan main rp.

Dan... tibalah saatnya saya memutuskan untuk menutup semua akun rp saya. Pada saat itu, saya punya 3 akun rp yang  masih aktif. Awalnya memang agak susah mau pamit dengan rp yang lain, mereka ngelarang saya buat deactive akun saya itu, tapi tekad sudah bulat saya tetap nutup akun rp saya.

Awalnya saya ngerasa hampa, bosan karena saya bingung mau ngapain. Jam-jam yang biasanya saya pakai untuk main rp, sekarang hanya untuk dengar lagu sambil surfing di internet. Tapi, lama-kelamaan saya akhirnya terbiasa, saya sudah bisa mengabaikan rp dan segala macamnya.

Sampai sekarang pun, saya tidak ada niat untuk kembali ke dunia rp lagi.
Goodbye RP World. Thanks for all memories you had given me :)

No comments:

Post a Comment