July 14, 2013

Satu hal kecil, merubah segalanya

Karena nila setitik, rusak susu sebelanga

Pernah dengar kan peribahasa ini? Peribahasa ini bisa diartikan, 'Karena satu perbuatan buruk, bisa menutupi semua perbuatan yang baik'. Gimana kalo kebalikannya?

Karena satu perbuatan baik, bisa buat anggapan buruk terhadap seseorang berubah jadi baik.

Nah, itu tuh yang terjadi sama saya pas kemarin di mesjid.
Jadi gini ceritanya... Ehm..

Seperti biasa, saya pergi ke mesjid malam itu dengan keluarga saya. Saya, Dila (adik saya) dan Mama biasanya suka ambil barisan sholat yang paling depan. Tapi, karena dila masih kecil dan orang-orang disana masih menganggap dila 'main-main' dalam sholatnya, dila disuruh untuk duduk di paling ujung barisan. Katanya sih 'takut mutusin barisan'. Padahal, dila selalu diajarin untuk sholat dengan serius, jadi sebenarnya nggak ada salahnya kalau dia nggak di ujung barisan.
Nah, mama nyuruh saya nemenin dila buat sholat di ujung juga,
'nanti dila ngantuk dak ado kawan'

Akhirnya, saya nurut kata mama. Tapi, ada satu masalah.

Di samping saya, masih kosong 4 tempat. Saya jadi bingung, mau geser untuk nutupin yang kosong, tapi entar dila nya nggak ada yang nemenin. Mau diam disitu aja, sambil nunggu siapa tau ada yang ngisi, eh taunya nggak ada yang maju ke depan. Padahal, waktu itu sholat sudah hampir dimulai.

Dengan suara kecil saya (?), saya persilahkan ibu-ibu di belakang saya untuk maju. Tau-tau ada satu ibu nyeletuk
'eh, geser kesini bae (aja). ngapo pula disitu, putus lah barisannyo'
Nah loh, saya bingung, kok saya yang dimarahin, dalam hati saya. Ya sudah, saya dengan muka agak masem (?) akhirnya nurut kata ibu itu, saya geser kesamping ibu itu, dila juga ikut.
pokoknya dila nggak boleh pindah-pindah lagi, toh ibu ini kok yang nyuruh geser, batin saya.

Sepertinya sih, ibu itu punya pandangan negatif ke saya. Mungkin dia mikir, saya ini sama aja kaya' remaja-remaja yang susah diatur kalo di mesjid. Jadi, sampai selesai sholat isya, saya nggak berani ngelirik-lirik ke ibu di samping saya itu. Ibu nya pun diam aja, semacam jutek sama saya.

Nah, setelah sholat isya, ternyata ada satu ibu yang pindah ke barisan belakang, yang otomatis saya dan ibu-ibu disamping saya harus bergeser pula. Karena waktu itu sholatnya sudah dimulai, kami pun cepat-cepat mindahin sajadah, dan alhasil sajadah itu miring-miring arahnya.

Setelah selesai sholat, ibu itu langsung tertawa sambil bilang, 'sajadahnya sampe miring-miring'. Ibu itu langsung memperbaiki arah sejadahnya.
Saya bantu ibu itu ngebaikinnya sebelum ngebaikin sejadah saya.

Dari situ lah... tiba-tiba sikap ibu itu jadi baik.
Saya juga heran, kok tiba-tiba ibu itu baik ke saya, padahal awalnya jutek. Hahaha xD

Ibu-ibu itu langsung nanya-nanya ke saya,
'sudah kelas berapo?'
'oh mau kuliah, dimano?'
'jauh yoo.. sudah biso masak?'

Yaaa.. saya seneng dong ibu itu langsung baik dengan saya. Nanya ke saya juga dengan senyuman. Sepertinya ibu itu sudah nggak nganggap saya ini 'remaja yang susah diatur' lagi. hehe.

Ibu itu bahkan baiknya sampai mau pulang ke rumah. Alhamdulillah :D

Jadi.. moral value (cyeileeh) yang pengen saya sampaikan

Insya Allah, kalau kita baik sama orang lain, orang lain pun jadi baik dengan kita :D

Haha. Sekian cerita kali ini.. Tumben amat tapi yak, ada pesan moral nya gitu xD
Sampai ketemu di cerita selanjutnya~~~

2 comments:

  1. wah, kalo aku agak susah soalnyo udah dari jaman sd terkenal jadi ketua geng 'pasukan rusuh' di masjid wkwkwk tapi ibu2nyo asik sih, jadi dak masalah (?) saking terkenalnyo sampe2 diejekin (?) ibu2

    'tumben desty dg rombongan dak ribut2 lagi. waah la besak2 yo. la SMA galo, ketuonyo pun la nak kuliah. baguslah :D' wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. yee haha. aku jugo dulu sd msh ribut lah, tapi sekarang lah insyaf. Pandangan ibu-ibu tu selalu negatif kalo samo remaja-remaja kek gitu haha XD

      Delete