April 30, 2013

Nge-labelin CD

Jadi... ceritanya seminggu yang lalu, saya 'main-main' dengan Microsoft Word. Pas saya lagi nyari-nyari template, saya ketemu dengan template khusus untuk label CD (bukan celana dalam) beserta desain untuk kotaknya. Nah, muncullah ide untuk buat CD sendiri.
Kebetulan, saya masih punya 1 DVD-R kosong dan saya pikir DVD-R itu bisa saya masukin video-video film dari laptop saya. Tapi, saya tau kalau mau buat dvd kaya' penjual kaset bajakan di lapak-lapak itu saya harus nunggu berjam-jam buat nge-burn nya, dan saya pernah mencobanya dulu yang hasilnya gatot a.k.a. gagal total -_-". Saya udah berjam-jam nunggu,  sampe saya tahan tidur nya jam 2 malam, eh taunya gagal.
Balik lagi, karena saya tau resiko gatot-nya itu besar, akhirnya saya hanya nge-burn file video nya mentah-mentah ke DVD-R nya. haha. Jadi lebih tepatnya, hanya memindahkan file nya dari memori laptop ke DVD. Tak ape laah~
Setelah nge-burn beberapa film, saya mulai mengedit template untuk label CD-nya, dan beruntungnya ayah saya masih punya stok kertas stiker untuk ngelabelin CD, huahaha, bahagianya :D
Label-nya udah selesai! dan saya langsung ke ruang kerja ayah saya buat nge-print labelnya. Setelah di print barulah ditempelin di kasetnya. Awalnya sih ya, saya takut buat nge-labelin nya, gimana entar kalo udah dilabelin eh malah dvd nya nggak mau kebaca, dsb dsb. Dan ternyata pikirin itu hanya ketakutan saya belaka yang tak beralasan (?), dan emang dasar sayanya yang parno-an plus katro. muehehe
Dan.. ini buktinya!

DVD-R yang awalnya kosong, dengan tampilan depan yang membosankan (?). Saya sebenarnya pengen mejeng di fotonya, tapi nanti ketauan saya nya narsis. :D
Nah, setelah di labelin, maka ini laaah jadinya!


Huehehe gimanaaaa? Sebenarnya cuma 1 DVD-R yang saya burn, dan satunya lagi itu dari Dini eonni yang di pulau jawa sanaa~ :D thanks sekali lagi buat kiriman dvd nya eon!  Karena yang dari Dini eonni juga masih polos, jadi saya kasih label juga. Dan labelnya itu sebenarnya poster-poster film yang ada di dalamnya.
DVD 1 : BECK!, Hello Stranger, Ouran High School Movie, Q10, Sky of Love, Surat Kecil untuk Tuhan, Proposal Kyoudai, dan Too Beautiful to Lie
DVD 2 : Hanamizuki, High School Debut, I Give My 1st Love To You, Paradise Kiss, dan Samurai X Live Action

Oh ya, alasan yang kedua kenapa saya masukin ke DVD-R, karena sebenarnya saya mau ngurangin file-file di laptop saya. Dikarenakan hard disk saya kemaren rusak, otomatis semua file saya simpan di data D, dan sekarang data D saya tinggal 200 Giga-an dari 500 giga -_- nanti takutnya udah nggak muat lagi.
Tapi ada kata-kata adik saya yang buat saya speechless, 'kalo videonya kakak masukin ke dvd, tanpa ada back-up, entar kalo kasetnya macet nggak bisa kebuka dong lagi videonya'. Beeh, bener juga adik saya itu, tapi saya mencoba positive thinking , 'nggak macet lah itu...'. Semoga aja beneran nggak. lol

No comments:

Post a Comment